Cara menghitung Volume Laston AC-WC, AC-BC Dan AC- Base

Halo Sobat Sipil, kali ini kita membahas serta belajar bersama tentang cara menghitung Volume Laston AC-WC, AC-BC Dan AC- Base. cara menghitung volume laston sebenarnya tidaklah begitu rumit untuk kita pelajari, asalkan kita tau dasar dari hitungan lastos itu sendiri. untuk sobat yang masih bingung dengan cara menghitung volume laston ini, bisa ikuti artikel ini hinggga sobat mengerti cara menghitung volume laston untuk kontruksi jalan raya. Volume dari laston ini sangat penting untuk di ketahui guna untuk menghindari kelebihan bahan ataupun orderan aspal pada sebuah proyek pembangunan/peninkatan jalan.


Aspal beton (Asphalt Concrete atau AC) yang disebut juga dengan Laston (Lapisan Aspal Beton) merupakan lapis permukaan struktural atau lapis pondasi atas. Aspal beton terdiri dari tiga macam lapisan, yaitu Laston Lapis Aus (Asphalt Concrete-Wearing Course atau AC-WC), Laston Lapis Permukaan Antara (Asphalt Concrete - Binder Course atau AC-BC) dan Laston Lapis Pondasi (Asphalt Concrete- Base atau AC-Base).Sebelum kita masuk ke cara menghitung volume laston, ada baiknya kita mengenal apa itu yang dimaksud dengan AC-WC, AC-BC, dan AC-Base. 

  • AC-WC atau Asphalt Concrete- Wearing Course atau AC-WC, merupakan lapisan perkerasan yang terletak dibagian paling atas yang berfungsi sebagai lapisan aus.
  • AC-BC atau Asphalt Concrete – Binder Course, merupakan lapisan perkerasan yang terletak di bawah lapisan aus (Wearing Couse) dan berada di atas lapis pondasi (base Couse).
  • AC-Base atau Asphalt Concrete – Base, merupakan lapis pondasi yang menjadi tumpuan beban dari perkerasan tersebut, AC-Base biasanya tidak berhubungan langsung dengan cuaca. dan lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.
Untuk ketebalan AC-WC, AC-BC dan AC-Base itu sendri di Indonesia memiliki standar ketebalan yang telah diatur dari spek teknis atau spesifikasi umum untuk pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan yang di keluarkan oleh  kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakya, direktorat jendral bina marga. ketebalan standar minimal dari setiap lapisannya, AC-WC adalah 4 Cm, AC-BC adalah 6 Cm, AC-Base dan 7,5 Cm. 

Untuk menghitung volume dari laston ataupun aspal hotmix bisa dengan menggunakan rumus dibawah ini :

  • Volume Laston AC-Base (ton)
= Panjang x Lebar x Tebal x Berat Jenis Aspal

  • Volume Laston AC-BC (ton)
= Panjang x Lebar x Tebal x Berat Jenis Aspal

  • Volume Laston AC-WC (ton)
= Panjang x Lebar x Tebal x Berat Jenis Aspal

Agar lebih memahami dan mengerti rumus diatas kita coba masuk ke perumpamaan dilapangan. misakalkan kita memiliki jalan yang direncanankan dengan panjang 4 km (4000 m) dengan lebar jalan 8 m . untuk tebal rencana AC-WC adalah 4 cm (0,04 m) , AC-BC adalah 6 cm (0,06 m) dan AC-Base 8 cm (0,08 m). berat jenis asphalt hotmix = 2,3 ton/m3. jadi cara untuk mengetahui volume dari laston tersebut bisa kita hitung langung , seperti contoh dibawah ini :

Volume Laston AC-WC (Ton)
= 4000 x 8 x 0,04 x 2,3
= 2944 ton

Volume Laston AC-BC (Ton)
= 4000 x 8 x 0,06 x 2,3
= 4416 ton

Volume Laston AC-BC (Ton)
= 4000 x 8 x 0,08 x 2,3
= 5888 ton

Setelah kita ikuti cara menghitung volume laston AC-WC, AC-BC dan AC-Base di atas tentu sobat bisa memahaminya dan bisa langsung mengaplikasikanya di proyek.  ilmu teknik sipil akan lebih sempurna lagi ketika kita terjun langsung didalamnya serta memberikan manfaat lebih untuk masyarakat, jangan lupa daftarkan email anda untuk mendapatkan notofikasi otomatis setiap kami membagikan info seputar ilmu teknik sipil. salam sukses untuk kita semua. - Cara menghitung Volume Laston AC-WC, AC-BC Dan AC- Base.


Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon