Cara menghitung kebutuhan hollow dan gypsum plafon rumah sederhana

Cara menghitung kebutuhan hollow plafon dan gypsum - menghitung kebutuhan penggunaan matrial untuk sebuah proyek pemasangan atau pun renovasi total untuk plafon memang tergolong sedikit rumit untuk anda yang tidak bergerak dibidang sipil. namun bagi mereka yang mempelajari dan menekuni keilmuan teknik sipil makan untuk menghitung kebutuhan hollow gypsum untuk plafon bukanlah hal yang menakutkan. 


Baca juga : Cara menghitung volume rangka plafon hollow dan gypsum untuk rumah

Anda bisa menghitung kebutuhan hollow dan gypsum plafon sendiri tanpa harus ragu dengan hitungan para kontraktor ataupun pemborong pekerjaan. bagi anda yang mau belajar cara menghitung kebutuhan hollow dan gypsum untuk pekerjaan plafon, baca artikel hingga tuntas untuk kita belajar bersama dalam menghitung kebutuhan matrial pemasangan plafon.

Pada artikel ini akan kita contoh kan pemasangan plafon ruang tamu dengan ukuran 3 m x 3 m, yang perlu kita perhatikan pertama adalah ukuran pabrikan gypsum yang biasanya berukuran 120 cm  x 240 cm atau 1,2 m x 2,4 m. setelah kita mengetahui ukuran standar dari gypsum pabrikan maka akan timbul pertanyaan baru seperti.
Berapa lembar gypsum yang dibutuhkan?
Berapa panjang lis gypsum yang dibutuhkan?
Berapa banyak kerangka plafon yang dibutuhkan?

Untuk menyelesaikan pertanyaan diatas maka, metoda yang paling utama kita harus mengetahui luas area atau ruangan yang akan dipasang plafon, seperti yang kita contoh kan diatas, untuk pekerjaan plafon ruang tamu dengan ukuran 3 m x 3 m
maka luas = 3 m x 3 m = 9 m


 - Berapa lembar gypsumg yang dibutuhkan?
 1 lembar gypsum = 1,2m x 2,4 m = 2,88 m
 kebutuhan gypsum = luas / lebar gypsum = 9 m / 2,88 m = 3,125 lembar
 maka kita genapkan keatas menjadi 4 Lembar

 - Berapa panjang lis gypsum yang dibutuhkan?
lis plafon dipasang mengelilingi ruangan yang akan kita kerjakan maka untuk lis plafon dengan kurang 3 m x 3 m adalah 3 + 3 + 3 + 3 = 12  m1 atau bisa dengan 3 m x 4 sisi = 12 m1

- Berapa banyak kerangka plafon yang dibutuhkan?
Sebelum kita menghitung rangka hollow kita harusnya tau akan ukuran batangan holllow yang standar di jual 1 btg dengan ukuran 4 m.
Untuk kebutuhan kerangka hollow atau ekafuring kita bisa hitung dengan ruangan 3 m x 3 m yaitu 3m x 4 btg = 12 m1 ( sisa potongan lebih kurang 1 meter bisa digunakan untuk gantungan atau isi rangka.
lalu 3 meter / 0,6 m = 5 btg dan cross 4 x 4cm x 3 m x 2 btg
maka kebutuhan tangka hollow adalah 3 m x 4 btg = 12 m1
3 m x 5 btg = 15 m1. 4x4 cm x 2 x 3 btg = 6 m1

maka kebutuhan rangka plafon semuanya 10 batang hollow.

Baca juga : Cara menghitung kebutuhan triplek dan gypsum untuk plafon rumah

Itulah cara untuk menghitung kebutuhan material pemasangan plafon gypsum, dan anda juga bisa menghafal rumus sederhana untuk menghitung matrial flafon dengan sangat sederhana dengan menggunakan rumus ini 0,75 x volume = kebutuhan matrial hollow. 

Sekian dulu cara sederhana untuk menghitung penggunaan matrial pemasangan plafon gypsum. materi ini akan jauh lebih bermanfaat ketika anda bisa berbagi dan share ke orang terdekat anda yang mungkin juga membutuhkan ini, terimakasih telah membaca tuntas Cara menghitung kebutuhan hollow plafon dan gypsum



Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon