Cara menghitung volume pekerjaan drainase

Cara menghitung volume pekerjaan drainase -  pagi sobat sipil, jumpa lagi kita pagi ini pada materi teknik sipil. pastinya sobat dalam keadaan sehat ya, hingga bisa sampai pada artikel ini. pagi ini kita akan belajar bersama tentang cara menghitung volume pekerjaan drainase. 

Mari sobat kita cari apa itu makna drainase. Drainase atau pengatusan adalah pembuangan massa air secara alami atau buatan dari permukaan atau bawah permukaan dari suatu tempat. Pembuangan ini dapat dilakukan dengan mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. setelah kita tau apa itu drainase barulah kita bisa mencari cara menghitung volume pekerjaan drainase tersebut.

Drainase sendiri banyak bentuk dan jenisnya, maka sebelum kita menghitung volume drainase yang perlu kita perhatikan adalah bentuk dari perencanaan drainase itu. kita tidak usah memikirkan akan dibuat dari apa nantinya drainase tersebut, apa drainase tanah, batu miring ataupun beton sebab semua drainase yang akan dibangun memiliki cara perhitungan yang sama, dan metode pembayarannya pun sama dengan satuan meter kubik (m3). kecuali untuk drainase pracetak tipu U atau tipe V yang menggunakan satuan meter (m).

Baca Juga : Cara membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh dengan biaya murah

Maka setelah kita tau panjang dan bentuk drainase yang akan kita bangun. maka masuklah kita pada langkah cara menghitung volume drainase adalah panjang x luas penampang. perhitungan ini juga belaku untuk cara menghitung volume saluran irigasi.

Volume drainase = luas penampang x panjang drainase

masih bingung sobat sipil? untuk lebih jelas mari kita bahas dengan contoh perhitungan drainase untuk lebih mudah dipahami dan dimengerti

Contoh cara menghitung drainase tanah bentuk trapesium


Volume drainase sama dengan volume tanah itu sendiri, contoh kita ketahui bentuk penambang trapesium, lebar atas 150 cm lebar bawh 100 m dan tinggi 100 cm dengan panjang drainase 100 m.

Maka volume drainase adalah :
Volume galian drainase = Luas penampang drainase x panjang drainase
Volume galian drainase = (((lebar atas + lebar bawah)/2) x tinggi ) x panjang drainase
Volume galian drainase = (((1,5m + 1m)/2 ) x 1m ) x 100m
Volume galian drainase = 125 m3

Nah setelah kita menghitung volume diatas maka bisa kita ambil kesimpulan volume pekerjaan drainase tersebut atau drainase tanah adala = 125 m3

Contoh cara menghitung drainase pasangan batu (batu miring) bentuk trapesium


Cara menghitung drainase pasangan batu tidak jauh berbeda dengan cara menghitung volume drainase galian tanah, namun pada perhitung ini kita akan mendapatkan volume pasangan batunya dengan luas bersih pasangan batu di kalikan panjang. untuk lebih jelas coba liha contoh hitungan dibawah ini.

Baca Juga : Cara menghitung volume material pondasi batu kali

contoh soal :
Dimensi dari drainase pasangan batu ini untuk galian tanah sama dengan contoh sebelumnya, hanya saja ditambah dengan pasangan batu dengan tebal dimensi 20 cm. lihat gambar untuk lebih jelas

Untuk mengetahui Volume pekerjaan drainase tersebut maka:
Volume Pek. drainase = Luas penampang bersih x panjang drainase
Volume Pek. drainase = (luas total - luas lubang drainase) x panjang drainase
Volume Pek. drainase = ((((A + B )/2) x H) - ((( a + b )/2) x h)) x Panjang
Volume Pek. drainase = ((((1,5 + 1)/2) x 1) - (((1,09+ 0,69 )/2) x 0,8)) x 100
Volume Pek. drainase = (1,25-0,712) x 100 = 53,8 m3

Maka dari hitungan di atas bisa kita ambil kesimpulan volume pekerjaan drainase dari pasangan batu adalah 53,8 m3.

Contoh cara menghitung volume drainse beton tipe U


Pada dasarnya untuk menghitung volume drainase ini sama dengan cara menghitung diaas cuma, pada contoh di atas menggunakan rumus trapesium yang di sesuaikan dengan penampangnya, dan pada volume drainase beton tipe U kita menggunakan rumus persegi dengan mengikuti bentuk dari dimensi dan penampang dari drainase tipe U. lalu kita kalikan panjang.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dan contoh hitungan dibawah ini sobat.

Jika panjang drainase 100 m, maka volume drainase beton tipe U pada gambar diatas adalah:

Volume Pek. drainase Beton= Luas penampang bersih x panjang drainase
Volume Pek. drainase Beton= (luas total - luas lubang drainase) x panjang drainase
Volume Pek. drainase Beton= ((A x H) - ( a x h )) x Panjang
Volume Pek. drainase Beton= ((0,5 x 0,5)-(0,3 x 0,4 )) x 100
Volume Pek. drainase Beton= (0,25-0,12) x 100 = 13 m3

Maka bisa kita simpulkan pekerjaan drainase tipe u adalah 13 m3.

nah,,, mudah sekali kan sobat??? masih banyak materi teknik sipil yang bisa sobat dapatkan disini, materi ini akan jauh lebih bermanfaat lagi ketika sobat bisa berbagi dengan yang lainnya, apabila ada yang kurang paham akan penjelasan di atas sobat bisa tinggalkan komentar untuk pembahasan materi ini. selamat mencoba dan salam sukses untuk kita semua. cara menghitung volume pekerjaan drainase

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon