Cara membuat kurva S di excel mudah dan lengkap

Cara membuat kurva S - kurva S merupakan hal terpenting adalah sebuah proyek, karena dengan kurva S kita bisa mengontrol kemajuan kerja dan waktu pelaksanaan. membuat kurva S bukanlah hal yang sulit, namun bagi sobat yang tidak bergerak dibidang teknik sipil maka membuat kurva S akan menjadi sebuah pekerjaan yang sangat rumit dan sulit.

Bagi sobat yang telah sampai pada artikel ini, tentunya sobat sedang mencari cara membuat kurva S, disini kami akan berbagi materi tentang cara membuat kurva S sederhana yang bisa sobat pelajari dan lakukan sendiri nantinya.

Cara membuat kurva S di excel mudah dan lengkap

Sebelum kita masuk pada materi sipil tentang cara membuat kurva S ada baiknya kita tau apa kurva S, bar chart dan time schedule :
  • Kurva S adalah suatu kurve yang disusun untuk menunjukkan hubungan antara nilai komulatif biaya atau jam - orang (man hours) yang telah digunakan atau persentase (%) penyelesaian pekerjaan terhadap waktu
  • Bar chart adalah diagram alur pelaksanaan pekerjaan yang dibuat untuk menentukan waktu penyelesaian pekerjaa yang dibutuhkan dalam sebuah proyek
  • Time schedule adalah rencana alokasi waktu untuk menyelesaikan masing-masing item pekerjaan proyek yang secara keseluruhan adalah rentang waktu yang ditetapkan untuk melaksanakan sebuah proyek. schedule harian, schedule mingguan, bulanan, tahunan atau waktu tertentu.
Baca juga : Cara Membuat Time Schedule, Bar Chart dan Kurva S untuk Sebuah Proyek

Tiga komponen diatas merupakan satu kesatuan dalam pembuatan kurva S, jadi tidak mungkin kita akan menghilangkan salah satu dati 3 poin diatas untuk membuat kurva S. 

Untuk membuat poin diatas maka kita harus memiliki rencana anggaran biaya (RAB) atau harga penawaran yang telah disepakati. setelah kita memiliki anggaran biaya RAB maka kita akan menyepakati masa pelaksanaan yang nantinya akan kita buat sebagai acuan kurva S itu sendiri.

Cara membuat kurva S :

  1. Pertama buka file RAB (Format Excel) yang telah tersaji rekapitulasi RAB biasanya
  2. Buat Sheet baru pada file tersebut, lalu rename sheet tersebut hingga menjadi time schedule
  3. Copy-paste atau salin ulang semua uraian pekerjaan dan jumlah harga yang tedalap dalam sheet rekapitulasi RAB ke Time Schedule.
  4. Setelah dicopy, buat kolom baru untuk menampilkan nilai Bobot (%) masing-masing pekerjaan yang terdapat pada proyek tersebut. 
  5. Setelah teman melakukan langkah di atas, maka buatlah kolom untuk menyajikan waktu pelaksanaan pekerjaan.
  6. setelah itu teman lakukan insert untuk garis yang akan kita gunakan untuk bar - chart nya nanti.
  7. Setelah proses ini selesai, bagikan bobot terhadap minggu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan item pekerjaan ini, lakukan hingga semua item telah terbagi sesuai dengan perkiraan waktu dan kebutuhan waktu pekerjaan setiap itemnya. Sesuaikan dengan Bar - chart yang telah disediakan, misal pekerjaan pendahuluan teman menghabiskan waktu selama 2 minggu, maka bagikan bobot (%) item pekerjaan pendahuluan menjadi 2 minggu.
  8. Di kolom bagian bawah terdapat rencana progres mingguan dan komulatif progres yang bisa teman jumlahkan 1 baris setiap minggu untuk rencana mingguanya 
  9. Sedangkan untuk komulatif progres teman bisa jumlahkan antara minggu ke-1 dengan minggu ke-2 da seterusnya
  10. Membuat garis kurva-s dengan menggunakan komulatif rencana progres (%) dengan cara, klik kiri tulisan insert, lalu klik tulisan line dan kemudian klik tombol line with markers.  setting sesuai dengan teman butuhkan dan edit untuk mempercantik tampilannya.
  11. Setelah Kurva S selesai maka hasilnya hampir sama dengan gambar dibawah ini.

Baca juga : Cara menghitung volume rangka plafon hollow dan gypsum untuk rumah

Cara membuat kurva S di excel mudah dan lengkap
Mudah sekali kan sobat cara membuat kurva S. apabila sobat masih bingung coba sobat bertanya pada kolom komentar dibawah ini. artikel ini akan jauh bermanfaat ketika soba sipil bisa berbagi dengan sobat lainnya. selamat mencoba dan sampai jumpa pada materi teknik sipil lainnya. Cara membuat kurva S di excel mudah dan lengkap


Related Posts

1 komentar

  1. Sangat mudah membuat barchat dan kurva s nya.namun kami ingin belajar cara membuat nya.dan apakah kami bisa di pandu

    BalasHapus


EmoticonEmoticon