Cara menghitung volume rangka plafon hollow dan gypsum untuk rumah

Cara menghitung volume plafon - menghitung volume untuk sebuah pekerjaan plafon bukanlah hal yang sulit, namun akan sangat membingungkan bagi yang tidak bergerak dibidang ini. cara menghitung plafon biasanya dipelajari dalam keilmuan arsitek ataupun teknik sipil, tapi tenang untuk teman-teman yang mau menghitung volume plafon rumahnya sendiri bisa belajar disini dengan cukup membaca artikel ini hingga selesai, maka anda sudah bisa menghitung volume plafon secara mandiri. apakah anda tertarik untuk mengetahui caca menghitung volume plafon? tentu pastinya untuk anda yang sudah masuk dalam artikel ini.

Cara menghitung volume  rangka plafon  hollow


Plafon merupakan bagian interior penting yang akan menambah kecantikan dari sebuah rumah, dengan adanya plafon maka rumah akan terlihat sangat mewah. selain itu plafon juga membantu mengurangi panas langsung dari matahari serta meredam suara kebisingan. untuk menghitung volume plafon ada beberapa tahapan yang harus kita ketahui. semua itu akan kita ulas secara sederhana disini. 

Pada kesempatan ini kita akan mencontohkan  cara perhitungan volume plafon dengan ukuran plafon yang akan dibangun 3 m x 3 m = 9 m2 dengan menggunakan gypsum ukuran 120 cm x 240 cm. 
jadi ada tiga poin penting yang akan ulas pasda kesempatan ini :
  • Berapakah jumlah gypsum ?
  • Panjang list plafon?
  • Rangka plafon yang dibutuhkan?

Baca juga  : Cara menghitung kebutuhan triplek dan gypsum untuk plafon rumah
Pertama kita akan mencari berapa jumlah gypsum yang dibutuhkan untuk plafon dengan luas  3 m x 3 m = 9 m2

Ukuran gypsum 1,2 m x 2,4 m = 2,88 m
Luas Plafon = Lembar X 2,88
                 9 = Lembar x 2,88
      Lembar  = 9 : 2,88
                     = 3, 125 lembar
Maka jumlah gypsum yang dibutuhkan sebanyak 3, 125 lembar, atau bisa kita genakan menjadi 4 lembar.


Kedua kita akan menghitung rangka hollow dimana
Keliling plofon = 3 + 3 + 3 + 3 = 12 m : 4m =  4 btg
Selanjutnya 3 m : 60 cm = 5 sisi. 
5 x 3m = 15 m
15 m : 4 m = 4 Btg dan 
untuk cross 4 x 4 cm x 3 m = 2 btg

Maka jumlah rangka hollow yang dibutuhkah 4 tbg +  4 btg + 2 btg = 10 btg

Baca Juga : Cara menghitung volume pekerjaan dinding sederhana

Ketiga untuk kebutuhan lis profil dibutuhak sepangjang keliling plafon yaitu 3 + 3 + 3 + 3 = 12 m

sangat sederhana kan teman untuk mengetahui volume rangka plafon hollow dan gypsum. materi tentang bangunan banyak sekali yang paling tidak kita harus kuasai secara sederhana untuk mengurangi resiko kecurian atau pemborosan dalam membeli material. 

Itulah cara sederhana untuk menghitung kebutuhan volume plafon yang bisa anda ketahui secara sederhana. masih banyak ilmu bidang konstruksi yang bisa anda dapatkan disini, belajar bersama pintar bersama, selamat mencoba dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat anda yang mungkin juga sedang membutuhkan cara menghitung volume plafon rangka  hollow dan gypsum. selamat mencoba dan terimakasih telah membaca ulasan ini

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon