Dasar ilmu teknik sipil yang harus kita ketahui

Pertama mari kita mengenal lebih delam tentang teknik sipil. sebenarnya apa itu teknik sipil? apa saja yang akan dipelajari dari teknik sipil? tentu dua pertanyaan ini sangat berguna untuk kalian yang sedang mencari tau tentang asal teknik sipil itu, atau mungkin anda yang ingin melanjutkat study ke dunia perkuliahan. agar tidak salah pilih jurusan, ada baiknya kita pelajari tentang apa itu teknik sipil dan prospek dari ilmu teknik sipil untuk kedepan nantinya.

Dasar ilmu teknik sipil


Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil juga bisa dikatakan ilmu terayasa yang memaksa kita menghayalkan sesuatu dengan sebuah analisa bidang teknik hingga bisa di terapkan secara nyata untuk kebutuhan manusia.

Sebelum kita masuk terlalu jauh dengan ilmu teknik sipil. pasti banyak di antar teman-teman bertanya tentang apakah teknik sipil itu sama dengan arsiktek? jawabanya TIDAK. karena logikanya kecilnay seperti ini, sebuah bangunan bisa di bangun tanpa arsitek, namun bangun tidak bisa di bangun tanpa teknik sipil. jadi apa itu sebanarnya ilmu teknik sipil? ilmu yang mempelajari semua bidang rekayasa yang akan lebih fokus pada cara merancang, membangun serta memelihara sebuah  bangunan yang berbeda dengan fungsi arsitek yang hanya sekedar mengolah gambar desain sebuah bangunan hingga menarik dilihat. dalam kata lain teknik sipil lebih ke hitungan (eksak) sedangkan arsitek itu lebih ke seni (art).

Ilmu teknik sipil sendiri banyak pembagian dan cabangnya yang bisa anda pelajari di dunia perkuliahan. jurusan teknik sipil biasanya akan mengkelompokkan bidang ilmu berdasarkan minat mahasiswa itu sendir, seperti bidang konstruksi, transportasi, hidrolagi ataupun bidang konstruksi jalan. untuk lebih jelas bidang-bidang dari teknik sipil kita coba bahas lebih jauh lagi

Cabang-cabang ilmu teknik sipil:
  • Teknik Struktural: Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya.
Dasar ilmu teknik sipil

  • Teknik Geoteknik: Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya.
Dasar ilmu teknik sipil

  • Teknik Manajemen Konstruksi: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.
Dasar ilmu teknik sipil

  • Teknik  Hidrologi: Cabang yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai, debit banjir, dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.
Dasar ilmu teknik sipil

  • Teknik Lingkungan: Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.
Dasar ilmu teknik sipil

  • Teknik  Transportasi: Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.
Dasar ilmu teknik sipil

  • Teknik  Informatika Teknik Sipil: Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. 
Dasar ilmu teknik sipil

Dasar ilmu teknik sipil sangatlah komplek yang bisa anda pelajari, diantaranya materi utama yang akan anda jumpai di teknik sipil yaitu Matematika teknik, Mekanika teknik, Analisis struktur, Konstruksi baja, Konstruksi beton, Konstruksi kayu, Konstruksi gelas, Mekanika tanah, Teknik Pondasi, Hidrologi,Hidrolika, Bangunan air, Manajemen konstruksi, Dinamika Struktur, Earthquake engineering, Informatika, Ilmu Ukur Tanah, Struktur bangunan sipil, Rekayasa Jalan Raya.


Ilmu teknik sipil sudah sangat teruji dengan aplikasi nyata yang bisa kita lihat bahkan kita selalu bersentuhan langsung dengan aplikasi ilmu teknik sipil seperi rumah, gedung, jalan, fly over, jembatan, stadiun, bandara, dermaga, jalan kereta api, pelabuhan dan masih banyak lagi aplikasi dari ilmu teknik sipil yang sudah kita nikmati.

Selain aplikasi yang kita capai dari bidang ilmu teknik sipil diatas, tentu kita mencari jalur masa depan yang jelas. anda tidak usah ragu untuk menjadi engineer sipil karena memang slalu di tunggu dan dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan baik BUMN ataupun perusahan swasta. masalah gaji atau V anda tidak usah ragu lagi karena akan sebanding dengan apa yang telah anda pelajari di ilmu teknik sipil yang anda kuasi.

Jadi kesimpulannya ilmu teknik sipil sangatlah komplek untuk slalu kita dalami dan pelajari karena memang berhubungan langsung dengan kehidupan keseharian kita. bagi teman-teman yang masih ragu untuk ilmu teknik sipil ada bainya langsung terjun dan memilih jurusan teknik sipil untuk menghilangkan keraguan atau ketidak tahuannya atas ilmu teknik sipil. itu saja pembuakan kita atas dasar ilmu teknik sipil semoga ini akan membuka wawasan lebih kepada kita untuk mendalami dan mempelajari ilmu teknik sipil. salam sukses untuk kita semua dalam belaja ilmu teknik sipil.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon