Cara Menghitung Volume serta RAB Pasangan Pondasi Batu Kali

Selamat datang lagi teman, semoga dalam keadaan nyaman dan penuh semangat untuk belajar. kali ini insinyurgoblog.com akan membahas tentang cara menghitung volume dan RAB pasangan pondasi batu kali. cara menghitung volume pondasi ini sangat sederhana dan mudah untuk teman pelajari. simak ulasan cara menghitung volume serta RAB pasangan pondasi batu kali ini hingga tuntas untuk mendapatkan ilmunya. 

Banyak sekali materi teknik sipil yang bisa teman pelajar dan dapatkan disini, seperti yang telah kita bahas sebelumnya Cara Membuat Time Schedule, Bar Chart dan Kurva S untuk Sebuah Proyek yang pastinya teman sudah mempelajarinya, tapi kalau belum silahka n teman dalami materi tersebut untuk diterapkan dilapangan.

Kita kembali ke materi, cara menghitung volume serta RAB pasangan batu kali :  

Panjang Pondasi=10 meter
Lebar atas pondasi= 25 cm
Lebar bawah= 50 cm
Ketinggian pondasi =60 cm

Volume pondasi per meter= (0,25+0,5)/2x0,6x1=0,225 m3

Jika panjang total pondasi adalah 10 meter, maka kebutuhan totalnya adalah: 0,225x10=2,25 m3 (untuk lebih jelas silahkan lihat gambar)

 Menghitung Volume serta RAB Pasangan Pondasi Batu Kali

Setelah teman-teman selesai menghitung volumenya, sekarang kita akan menghitung kebutuhan bahan dan biaya untuk pemasangan pondasi batu kali. coba teman-teman lihat contoh dibawah ini agar lebih paham untuk RAB pasangan batu kali 1 pc: 5 ps ( 1 semen : 5 pasir ).

Menghitung Volume serta RAB Pasangan Pondasi Batu Kali

Setelah teman-teman pahami perhitungan diatas, maka diperoleh biaya untuk membuat pondasi batu kali dengan panjang 2,25 m3 yaitu 979,200,-. itulah biaya yang harus kita keluarkan untuk pembuatan pondasi dengan contoh perhitungan gambar diatas.

Hitungan diatas merupakan sebuah contoh dimana saat dilapangan akan dijumpai ukuran dan panjang pondasi itu tidak sama, biasanya menyesuaikan bentuk konstruksinya. Namun teman-teman jangan takut, pada dasarnya untuk menhitung volume dan RAB pasangan pondasi batu kali prinsipnya sama dengan hitungan di atas, tinggal teman-teman sesuaikan ukuran dan harga pasaran material setiap daerah. Setiap daerah tentu memiliki harga material dan bahan bangun yang berbeda. ini yang harus teman-teman perhatikan untuk tidak keliru dalam menerapkannya

Itulah cara sederhana untuk menghitung volume serta RAB pasangan pondasi batu kali yang telah selesai teman pelajari, semoga teman-teman bisa selalu menambah ilmunya yang bisa diterapkan dilapangan. jika nanti masih ada keraguan teman bisa kontak admin langsung untuk bertanya atau tinggalkan komentar dibawah. masih banyak materi teknik sipil yang bisa teman dapatkan disini, jangan lupa daftarkan email teman-teman untuk mendapatkan update kami secara langsung ke email teman-teman. setelah teman paham jangan lupa mengajak atau bagikan materi teknik sipil kepada para engineer lainnya, salam sukses untuk kita semua. cara menghitung volume dan RAB pasangan pondasi batu kali.

Related Posts

2 komentar

  1. Cara hitung yg mudah biaya perkubik pondasi dengan tinggi 100 x 60 x 40

    BalasHapus
  2. Untuk hrga jasa borong pondasi berikut bahan permeter kubik berapa?

    BalasHapus


EmoticonEmoticon