Cara membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh dengan biaya murah

Cara membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh - pagi sobat pagi ini kita akan berbagi tips untuk membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh. pondasi rumah merupakan hal yang paling penting yang mesti kita perhatikan dimana pondasi menjadi tumpuan beban suatu bangunan atau rumah. pondasi akan menopang struktur utama bangunan yang akan di salurkan melalui kolom dan balok sebuah bangunan. tanpa adanya pondasi makan bisa dikatakan rumah atau bangunan tidak memiliki kekuatan pastinya tidak akan nyaman untuk ditempati.

pondasi footplat


Belakangan ini banyak kita lihat perumahan dan bangunan tinggal yang berani tidak menggunakan pondasi atau menggunakan pondasi seadanya untuk penghematan biaya pembangunan sebuah rumah. pondasi yang tidak standard akan sangat berbahaya dan memiliki resiko tinggi untuk di tempati.

Baca Juga : Cara menghitung volume material pondasi batu kali

Pondasi sendiri memiliki beberapa macam untuk sebuah bangunan dan rumah tinggal, seperti pondasi batu kali dan pondasi footplat. namun umumnya untuk bangunan sederhana maksimal 2 lantai biasa digunakan pondasi footplat atau sering disebut pondasi cakar ayam. pondasi footplat sendiri diyakini mampu menahan beban untuk bangun 2 lantai dengan kokoh dan nyaman.

pondasi batu kali umumnya memiliki ukuran standar anta 60 sampai 80 cm saja. dengan fungsi untuk menopang pemasangan sloof dan bata serta struktur kolom. pondasi batu kali biasanya digunakan dengan bangunan rumah yang sederhana atau satu lantai. lihat gambar dibawah :

pondasi batu kali


pondasi footplat atau cakar ayam biasanya digunakan pada bangunan lantai 2 dengan menggunakan konstruksi beton bertulang yang dimensi nya sekitar 100 sampai 200 cm dengan kedalaman berkisar dari 80 cm hingga 150 cm. pondasi footplat atau cakar ayam bisanya diletakkan pada posisi tanah dasar atau tanah yang keras.

Pondasi footplat


Cara membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh.

Membangun pondasi rumah yang kuat dan kokoh kita wajib merencanakan pondasi yang tepat. bisa kita simpul kan sebuah  rumah atau bangunan tanpa pondasi pasti tidak akan mampu menahan beban struktur diatasnya. rumah atau bangunan rentan roboh atau ambruk. bangunan yang tidak memiliki pondasi pastinya sangat kita hindari karena resiko nya tinggi. beberapa hal yang mesti kita perhatikan dalam membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh.

Baca Juga : Cara menghitung volume pekerjaan dinding sederhana
  1. Perhatikan kedalaman dari galian pondasi karena tanpa kedalaman pondasi yang cukup maka kekuatan pondasi juga akan kurang baik dalam menahan beban bangunan di atasnya.
  2. Jika kita memilih pondasi batu kali maka kita bisa memakai campuran 1 : 5 untuk perbandingan semen pasir untuk memastikan kekuatan pondasi.
  3. Kita juga harus menyediakan steek besi pada pondasi batu kali untuk di kaitkan dengan besi sloof.
  4. Andai kita memilih pondasi footplat sebaiknya kita memakai tulangan dengan ukuran minimal 12 mm.
  5. Selain itu perhatikan pula mutu beton dimana ada baiknya kita menggunakan mutu kisaran K225.
  6. Sementara itu dimana adukan semen pasir dan kerikil rasio nya adalah kisaran 1: 2 : 3
  7. Pastikan pula agar tulangan pondasi benar-benar menyatu dengan tulangan kolom struktur hingga ke bagian atas bangunan agar kekuatan pondasi bisa terjamin.

Itu cara membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh. masih banyak materi teknik sipil yang bisa sobat dapatkan disini, dan jangan lupa datang lagi di artikel berikutnya serta share artikel ini untuk kita belajar bersama-sama. ilmu tidak akan ada habisnya kalau kita bisa salin berbagi dan bertukar pikiran. kalau sobat ada pertanyaan jangan ragu untuk berkomentar dibawah.

Related Posts

1 komentar

  1. Terimakasih atas info di atas,
    Izin Membagi Informasi juga untuk itu “JANGAN LUPA KUNJUNGI WEBSITE KAMI”
    https://aik.co.id/
    https://kontraktorjogja.co.id/
    https://jasakontraktor-architectjogja.com/

    BalasHapus


EmoticonEmoticon