Cara menghitung volume dengan koordinat

Cara menghitung volume -  menghitung volume sebuah pekerjaan merupakan hal yang sangat dasar yang harus kita ketahui, apalagi data yang haru kita hitung dengan data koordinat. bagi orang yang awam mungkin hal ini akan membingungkan untuk di lakukan. tapi tenang sobat, kali ini kita akan belaja bersama tentang bagaimana cara menghitung volume dengan koordinat.

Cara menghitung volume dengan koordinat


Bagi sobat yang ini mengetahui ini lebih rinci baca jelas artikelnya untuk mengetahui cara menghitung volume dengan koordinat. data titik itu sendiri adalah sebuah  titik lokasi atau titik yang telah kita dapatkan serta kita tandai di sebuah lokasi dengan menggunakan GPS yang terkoneksi langsung dengan satelit.

Baca juga : Cara menghitung kebutuhan beton untuk cor jalan raya

Biasanya untuk menghitung volume dengan menggunakan koordinat kita tentu membutuhkan sebuah program aplikasi teknik yang bernama autocad. propgram ini bisa membaca titik koordinat yang akan kita hitung volumeberdasarkan titik x dan y pada autocad.

Pada program autocad titik koordinat x dan y akan di hitung secara polygon tertutup untuk mendapatkan hasilnya, dimana polygon tertutup bisa digunakan untuk menghitung volume luas area, luas bangunan, yang biasa digunakan untuk jalan raya, drainase dan pekerjaan tanah.

Cara menentukan titik koordinat pada object autocad

Pada saat kita menggambar di autocad maka kita bisa memasukkan perintah untuk melihat titik koordinat x dan y pada objek tersebut. seperti ini sobat, kita misalkan untung menghitung volume galian dan timbunan pada cross section jalan. 

Pada perhitungan galian timbunan pasti kita akan menentukan titik koordinat tersebut untuk mendapatkan luas area atau luas galian timbunan itu dengan existing / tanah asli dengan desain perencaan kita dalam proyek jalan, maka kita membutuhkan data berapa banyak tanah kita perlukan untuk menimbun dan berapa volume galian yang bisa kita manfaatkan untuk menimbun. maka dengan perbangingan tanah asli dengan rencana maka kita bisa menghitung kebutuhan volume dengan menggunakan koordinat.

Nah sobat, untuk menentukan titik x dan y dalam autocad kita hanya perlu memasukkan perintah yang mudah, yaitu dengan menggunakan garis polyline yang kita sesuaikan dengan gambar rencana. setelah objek aktif maka sobat bisa melihat titik koordinat x dan y serta mengetahui luas area titik koordinat. lihat contoh dibawah ini

Cara menghitung volume dengan koordinat



Setelah kita mengetahui titik koordinat tadi maka kita harus masukan ke dalam program excel untuk membantu lebih mudah sobat menghitung volume galian dan timbunan yang kita butuhkan.

Baca juga : Cara Membuat Time Schedule, Bar Chart dan Kurva S untuk Sebuah Proyek

Sobat pindahkan titik koordinat tadi semua ke dalam program excel untuk menghitung luas titik koordinat dengan ecxel agar mengetahui volume galian timbunan. tentunya sobat telah mempelajari ilmu polygon tertutup sebelumnya, sebagai modal sederhana untuk menghitung volume titik koordinat, sebagai contoh gunakan rumus sederhana dibawah ini. 

Cara menghitung volume dengan koordinat


Dari gambar diatas bisa sobat lihat Luas A1 dan Luas A2 dengan memperoleh hasil (A2-A1)/0,5= luas objek sobat. ini merupakan rumus sederhana yang harus kita ketahui dan mengerti untuk menghitung volume dengan menggunakan titik koordinat. pada program microsoft excel juga telah disediakan rumus sederhana yang bisa sobat gunakan. pada pekerjaan jalan raya bisanya timbunan dan galian di hitung dengan menggunakan jarak STA yang standar dengan jarak 25 meter untuk 1 STA. sering kita jumpai STA 0+000 -  STA 0+025 dimana artinya STA dengan jarak 25 meter. kalau kita memiliki pekerjaan 1000 maka 1000/25 = 40 STA dan tinggal kita kali dengan luar masing-masing koordinat yang telah kita dapatkan tadi dengan kombinasi program autocad dan microsoft excel.

Nah itulah cara sederhana untuk menghitung volume galian dan timbunan dengan menggunakan titik koordinat. masih banyak lagi materi teknik sipil yang bisa sobat dapatkan disini, dan artikel ini akan jauh lebih bermanfaat ketika sobat bisa berbagi ilmu ini dengan sobat lainnya. salam sukses untuk kita semua 

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon