Cara menghitung kebutuhan beton untuk cor jalan raya

Cara menghitung kebutuhan beton - pagi sobat sipil, semoga kita dalam keadaan sehat ya. pagi ini kita akan belajar tentang menghitung kebutuhan beton cor m3 untuk jalan raya. belakangan ini banyak sekali konstruksi jalan menggunakan cor beton atau rigid dibandingkan dengan penggunaan asphalt. kenapa hal ini bisa terjadi? ya jelas, hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengadaan sumber material, kecepatan pengerjaan serta biaya yang lebih irit. maka dari itu pada kesempatan ini kita akan belajar bagaimana cara menghitung kebutuhan m3 beton cor untuk jalan raya

Bagi sobat yang sudah penasaran dengan cara menghitung kebutuhan beton cor jalan, simak materi teknik sipil ini hingga selesai dan dapatkan manfaatnya untuk pekerjaan jalan sobat nantinya.

Baca Juga : Cara menghitung Volume Laston AC-WC, AC-BC Dan AC- Base

Rumus Volume cor jalan beton

Kita menggunakan rumus yang mudah dan sangat sederhana pastinya sobat pernah jumpai ini dalam keseharian sobat, dimana volume cor jalan beton = panjang x lebar x tinggi. lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya

Volume cor jalan raya
Sobat, kita misalkan aja kita mau cor jalan dengan panjang 500 m dengan lebar 3 meter dan tebal 30 cm maka kebutuhan beton yang kita butuhkan sebanyak 500 m x 3 m x 0,3 m = 450 m3. sederhana sekali kan sobat untuk mengetahui kebutuhan cor jalan beton.

Menghitung kebutuhan truck mixer beton

Pada materi diatas kita sudah tau bahwa kita membutuhkan beton cor jalan sebanyak 450 m3. jadi kita bisa memesan kepada supplier beton readymix seseuai dengan volume cor jalan yang telah kita hitung diatas. sebelum kita memesan, haruslah sobat menanyakan kapasitas truck bermuatan berapa m3 untuk bisa mencari berapa kebutuhan truck mixer beton yang akan kita pesan lihat hitungan dibawah ini. 
  • misal truck bermuatan 7 m3 = 450 m3 / 7 m3 = 65 m3 (dibutalkan)
  • misal truck bermuatan 8 m3 = 450 m3 / 8 m3 = 56 m3 (dibutalkan)
  • misal truck bermuatan 9 m3 = 450 m3 / 9 m3 = 50 m3 (dibutalkan)

Soal dan jawaban kebutuhan volume cor jalan beton

Setelah kita paham dengan materi di atas tadi untuk menghitung kebutuhan beton m3 cor jalan raya, maka kita akan sangat mudah untuk menjawab pertanyaan ini.

Gito = bos mau nanya bos, saya berencana untuk ngecor jalan gang rumah saya dengan menggunakan beton readymix, kira-kira saya butuh berapa banyak beton cor dengan ukutn panjang 25 meter, dan rencana saya buat tebal jalan 20 cm dan lebar 2 meter. terimakasih

nah, dari pertanyaan pak gito diatas makan bisa kita jawab dengan menggunakan rumus sederhana yang telah kita pelajari diatas tadi dimana volume cor beton jalan = panjang x lebar x tinggi maka :

kita ketahui :
lebar jalan = 2 meter
Tinggi = 20 cm
Panjang 25 m
jadi 
Volume cor beton = Panjang x Lebar x Tinggi
Volume cor beton = 25 m x 2 m x 0,2 m = 10 m3

Baca Juga : Cara menghitung kebutuhan besi beton tulangan pokok dan sengkang

Itulah cara sederhana untuk menghitung kebutuhan beton cor jalan raya yang sangat sederhana. saya yakin sobat semua telah bisa memahami ini, bagi sobat yang masih ada pertanyaan jangan lupa berkomentar pada kolom yang telah disediakan. materi cara menghitung kebutuhan beton m3 cor jalan raya ini akan jauh lebih bermanfaat lagi ketika sobat bisa berbagi dengan yang lainnya. selamat belajar dan jangan lupa mampir di materi kita berikutnya.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon