Konstruksi rumah walet

Konstruksi rumah walet -  konstruksi untuk membuat rumah  walet merupakan hal yang perlu  kita perhatikan saat kita ingin membuat usaha budidaya walet sukses. rumah dari walet harus kita perhatikan supaya walet yang nantinya masuk dan bersarang di rumah walet yang telah kita sediakan.

Membuat rumah walet bukanlah hal yang mudah sobat, ada biaya mahal yang harus kita keluarkan. namun hasil yang akan kita keluarkan akan berbanding lurus dengan hasil yang akan kita dapatkan ketika walet sudah mulai bersarang. indonesia merupakan penghasil sarang walet terbesar di asia tenggara.

Baca Juga : Kelebihan rumah konstruksi baja ringan dan biayanya sangat murah

konstruksi rumah walet


Pada saat kita membangun konstruksi rumah walet tentu ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan agar walet yang akan bersarang nantinya merasa nyaman dan berkembang biak dengan hasil yang kita harapkan, faktor yang perlu kita perhatiakan  seperti bentuk konstruksi rumah, bentuk ruangan dan  pintu masuk keluar walet, cat rumah walet, suhu ruangan, kelembapan dan pencahayaan rumah walet.

Konstruksi rumah walet harus memenuhi beberapa syarat seperti dibawah ini :

  • Tinggi plafon minimal 4 m dari tanah
  • Jarak lebar antar kolom dalam ruangan minimal 2,5 -  4meter
  • Ukuran ruangan minimal 4 x 4 m atau kelipatannya
  • Jarak lubang masuk minimal 40 cm dari plafon dengan maksimal 80 cm
  • Lubang antar ruangan mesti memiliki ukuran minimal 60 x 60 cm
  • Tebal sirip yang dipasang bagusnya 3 cm dengan ketebalan 15 cm
  • Sistem pemasangan sirip harus tepat, biasanya posisi sirip melintang terhadap pintu masuk ketika menggunakan sistem lajur
  • Atas lebih bagus tidak menggunakan talang air, dengan memanfaatkan sistem genting hingga air bisa langsung jatuh di sisi rumah. dengan sistem ini diyakini terhindar dari kebocoran atap
  • Plafon semestinya harus rata dan tidak memiliki lubang, sebab akan mengganggu kenyamanan dari walet pada rumah walet
  • Gedung harus aman dan terhindar dari binatang yang suka mengganggu seperti tikus, kecoak dan tokek.
  • Ukuran rumah walet bagusnya 8 x 16 m dengan sistem satu kamar. akan dengan ukuran ini akan bisa menghasilkan sekitar 20 kg sarang walet. 
  • Sedangkan untuk rumah walet yang lose dengan ukuran 4 x 8 meter dengan target penghasilan sekitar 5 kg.

Baca Juga : Cara membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh dengan biaya murah

itulah beberapa syarat yang perlu diperhatikan saat kita membangun konstruksi rumah walet. ketika kita tidak bisa memenuhi syarat di atas bukan berarti walet tidak akan masuk dan bersarang pada rumah walet yang telah kita bangun namun akan lebih sulit untuk menghasilkan.

Jadi bagi sobat yang mau membangun konstruksi rumah walet maka hendaklah sobat mempertimbangkan anggaran yang tersedia, lokasi pembangunan dan target penghasilan yang ingin di capai. nah itu dulu ya sobat, semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon